LPP TVRI Raih Indeks Tertinggi Dalam 6 Kategori Program Acara

oleh -176 views
Kantor Pusat TVRI, Senayan, Jakarta.

KANDIDATNEWS.COM –  LPP TVRI kembali menoreh prestasi dengan meraih indeks kualitas tertinggi lewat Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode II Tahun 2021 yang dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam enam kategori program acara. Keenam program acara itu adalah kategori program berita, program talkshow, program anak, program wisata dan budaya serta program religi.

Riset yang dilakukan oleh KPI ini bekerja sama dengan 12 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia dengan persentase informan ahli sebanyak 56% responden perempuan dan 46% responden laki-laki yang memiliki latar belakang pendidikan yang bervariasi mulai dari tamatan Strata 1 sampai dengan Strata 3.

Untuk kategori program berita, LPP TVRI meraih indeks tertinggi sebesar 3,54 yang kemudian diikuti oleh Kompas TV sebesar 3,43 dan Metro TV sebesar 3,30. Kemudian untuk program talkshow, LPP TVRI juga menempati peringkat tertinggi dengan indeks 3,59 mendahului RTV dan Metro TV.

Program anak yang disiarkan oleh LPP TVRI dapat menyaingi MNC TV dan Trans 7 dengan indeks penilaian sebesar 3,78. Begitu juga dengan program religi dan program wisata budaya, Televisi Republik Indonesia yang telah berdiri selama 59 tahun ini meraih indeks penilaian tertinggi yakni sebesar 3,68 dan 3,81.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa TVRI merupakan salah satu media yang dipercaya publik karena konten berita dan talkshow yang ditayangkan memberikan narasi yang obyektif, perspektif yang jernih, dengan topik yang tidak membuat kegaduhan namun berisi wawasan dan pencerahan bagi publik. Dengan kata lain, TVRI berfungsi sebagai media yang dapat meluruskan diantara gempuran berita dan talkshow yang ada di televisi-televisi lain.

Secara keseluruhan indeks kulitas program siaran televisi periode II tahun 2021 mengalami kenaikan menjadi 3,13 apabila dibandingkan dengan hasil riset periode I tahun 2021 dengan indeks 3,09. Adapun indeks standar yang ditetapkan oleh KPI adalah 3 untuk semua kategori, dan program variety show, entertainment dan sinetron meraih indeks terendah, di bawah indeks standar yang ditetapkan oleh KPI.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.