PWI Ingatkan Wartawan Peliput Corona Harus Sesuai Protokol Kesehatan

oleh -149 views
Ketua PWI, Atal S Depari
Ketua PWI, Atal S Depari

KANDIDATNEWS.COM – Selama belum memenuhi protokol kesehatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) meminta anggotanya tidak melakukan peliputan saat mewabahnya COVID-19 di Tanah Air. Demikian ditegaskan Ketua Umum PWI Atal S Depari, di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha BNPB Jakarta.

“Saya bangga sekali wartawan sekarang ini bisa menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi COVID-19, tapi saya mengingatkan harus mengutamakan kesehatan, mengutamakan kondisinya. Jangan sampai protokol kesehatan diabaikan,” kata Atal Depari.

Dia mengingatkan kepada seluruh wartawan tetap agar prosedur peliputan saat pandemic Corona tetap dijalankan. Ia berharap kegiatan peliputan yang masih mengundang wartawan dan menimbulkan kerumuman, dihindari selama masih ada wabah corona.

“Beberapa waktu lalu, karena diundang atau apa, temen-temen wartawan masih bergerombol. Ketika kita kampanye ‘social distancing’ masih berkumpul, begitu juga di beberapa daerah,” katanya.

Menurut Atal, ada banyak metode peliputan yang bisa dilakukan tanpa harus mengambil risiko dengan berkerumun di lapangan, misalnya melalui TV pool, streaming, telepon seluler, dan sebagainya. Ia pun meminta wartawan mengutamakan kesehatannya dalam mencari berita.

Atal menambahkan, informasi yang diperolehnya menyebutkan bahwa perwakilan media-media asing di Indonesia pun sudah tidak menerjunkan lagi wartawannya di lapangan selama pandemi Corona. Hal itu dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus penyebaran virus Corona.

“Saya dengar beberapa perwakilan media di luar, misalnya AS, Inggris, perwakilannya di sini ga ada yang di lapangan. Apalagi, sampai mengejar pasien sampai rumah sakit,” tukasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.