Ratusan Pecatur Ikuti JAPFA Chess Festival 2023

oleh -36 views

KANDIDATNEWS.COM – Ratusan pecatur dipastikan akan tampil pada JAPFA Chess Festival ke-13 yang akan digelar 18-22 Oktober mendatang, di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat. Turnamen yang digelar PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) dan PB PERCASI menyediakan hadiah total Rp265 juta, untuk 12 kategori yang dipertandingkan.

“Turnamen JAPFA Chess Festival kali ini merupakan yang ke-13 kalinya. JAPFA sudah 23 tahun bekerjasama dengan Percasi menggelar turnamen untuk mencari bibit pecatur unggulan yang bisa mengharumkan nama bangsa dan negara,” ujar Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya, Senin (16/10) sore, di Hotel Century Park, Jakarta.

Ditambahkan, sesuai namanya, JAPFA Chess Festival terus mempertahankan ciri khas festivalnya dengan mengakomodasi semua kelompok dan usia peserta catur Indonesia.

“Kami berharap dapat menemukan talenta-talenta terbaik yang akan menjadi generasi penerus olahraga catur Indonesia. Apalagi tahun ini, kami bersama dengan Universitas Gunadarma menggarap kecerdasan artifisial yang dapat berfungsi sebagai mentor bahkan lawan tanding, sehingga diharapkan dapat semakin menarik minat generasi muda untuk menggeluti olahraga ini.”

Saat penyelenggaraan JAPFA Chess Festival, robot catur secara perdana akan dipertunjukkan dan diuji coba secara langsung oleh pecatur kebanggaan Indonesia. Pecatur bergelar internasional juga akan mendapatkan kesempatan bertanding melawan robot catur ini. Pertandingan para pecatur melawan robot ini dapat disaksikan pada hari kedua hingga hari ke-5 pertandingan berakhir.

Dwitarung Putri

Dari 12 kategori yang dipertandingkan, Dwitarung Putri antara WGM Dewi AA. Citra (Indonesia) melawan WGM Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam) dijadikan sebagai daya tarik utama dari turnamen kali ini. Selain itu juga dipertandingkan dwitarung catur standar antara WGM Janelle Mae Frayna (Filipina) vs Theodora Walukow (Indonesia) untuk kategori catur kilat secara online.

“Khusus untuk dwitarung antara WGM Dewi AA. Citra melawan WGM Nguyen Thi Mai Hung akan disiarkan secara langsung di youtube JAPFA,” lanjut Rachmat Indrajaya.

Sementara itu Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto mengatakan, Dwitarung Internasional diharapkan dapat meramaikan JAPFA Chess Festival ke-1Dewi AA Citra vs WGM Nguyen Thi Mai Hung diharapkan bisa memberikan daya tarik para juniornya untuk bisa berprestasi setinggi-tingginya,”

Pada kesempatan itu juga, Utut memberikan apresiasi pada JAPFA yang hampir seperempat abad telah bekerjasama dengan PB Percasi dengan menggelar berbagai event nasional catur. “Percasi sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh JAPFA. Sudah ribuan pecatur, termasuk GM Edhi Handoko, GM Salor Sitanggang, dll, yang lahir dari turnamen yang digelar JAPFA.”

Mengomentari pecatur Indonesia yang gagal meraih medali di Asian Games 2022, Utut meminta jajaran pengurus PB Percasi yang mendampingi para atlet, di antaranya Sekjen PB Percasi Henry Handratno dan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Kristianus Liem diminta jangan bersedih.

“Pak Kris dan Pak Henry gak usah bersedih. Kita harus terus maju. Mandek kita amblek, mundur kita hancur. Tim Putri Indonesia berada di peringkat ke-5 Asian Games.”

Peringkat 1 sampai dengan 4 catur putri ditempati Cina dengan 17 poin, India (15), Kazahkstan (13), dan Vietnam (12).

 

No More Posts Available.

No more pages to load.