Pecatur Indonesia Borong Gelar Juara dan Norma GM-IM

oleh -6 views

KANDIDATNEWS.COM – Pecatur Indonesia sukses menjuarai ‘Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024’ melalui IM Aditya Bagus Arfan dan FM Arif Abdul Hafiz untuk Kategori Grans Master dan International Master (IM), Rabu (1/5) siang, di Artotel, Senayan, Jakarta. Turnamen ini berlangsung mulai 23 Apil – 1 Mei.

IM Aditya Bagus Arfan yang memiliki elo rating 2407, memastikan diri sebagai juara untuk Kategori Grand Master (GM), meskipun di babak ke-11 atau partai terakhir hanya bermain imbang melawan IM Uurtsaikh Agibileg (2442) dari Mongolia. Pecatur berusia 17 tahun ini, mengemas 8,5 poin kemenangan, disusul GM Novendra Priasmoro (2494) di peringkat kedua dengan 7,5 poin, dan GM Temur Kuybokarov (2600) dari Australia di peringkat ketiga dengan 7 poin kemenangan.

Atas gelar juara yang diraih dari turnamen yang diikuti oleh delapan negara tersebut, Aditya juga memperoleh hadiah sebesar USD 4.000 atau berkisar 65 juta Rupiah, Novendra memperoleh USD 2.500 atau berkisar 41 juta Rupiah, sedangkan Temur yang menempati juara ketiga mendapatkan USD 1.500 atau berkisar 25 juta Rupiah.

Sehari sebelumnya, Aditya Bagus Arfan sukses meraih Norma Grand Master pertamanya. Dia berhasil mengemas 8 poin kemenangan, syarat utama untuk meraih Norma Grand Master pada turnamen ini.

Untuk Kategori International Master (IM), FM Arif Abdul Hafiz (2311), tampil sebagai juara sekaligus meraih norma IM dengan raihan 8 poin kemenangan, dari 11 babak yang dipertandingkan. Hafiz juga berhasil meraih Norma International Master di turnamen ini.

Peringkat kedua untuk Kategori IM ditempati IM Farid Firman Syah (2392), disusul pecatur Mongolia, FM Khuyagtsogt Itgelt (2408) di posisi ketiga.

Juara di kategori MI mendapat hadiah sekitar Rp32.500.000, peringkat kedua Rp24.375.000, dan peringkat ketiga Rp16.250.000.

Aditya dan Hafiz sangat senang atas keberhasilannya meraih Norma GM dan Norma IM, sekaligus menjuarai turnamen.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto sangat bangga atas keberhasilannya pecatur Indonesia meraih Norma Grand Master dan Norma International Master, sekaligus menjadi juara.

“Ini pertama kalinya pecatur kita juara di Grandmaster Tournament dan IM Tournament. Bukan hanya juara, nomor duanya juga orang kita semua. Peringkat kedua di GM Tournament diraih Novendra, sementara di IM Tournament-nya oleh Farid Firmansyah,” kata Utut Adianto.

Para pecatur yang menjadi juara, bukan hanya mendapat hadiah dari panitia. Namun politisi PDIP ini juga berjanji akan memberi hadiah tambahan dari kocek pribadinya.

“Ini di luar ekspektasi saya. Biasanya kita nomor tiga, tapi di turnamen ini kita mendapatkan Norma GM dan Norma IM, juara 1 dan juara 2. Memang langkah awalnya kebetulan baik semua. Baik Novendra maupun Adit. Adit sangat baik. Yang paling utama, ini memang menang sungguhan, bukan menang mujur,” jelasnya Utut.

Menurutnya, kalau ingin menciptakan pecatur berkelas, idealnya setiap bulan harus ada turnamen. Namun hal tersebut sukar dilakukan karena terkendala dana. “Saya ingin belajar dari Pak Erick Thohir. Timnas Indonesia yang saat ini sedang bertanding di Piala Asia U23, mendapat sumbangan dari pengusaha mencapai Rp27 miliar. Catur tak seperti sepakbola. Sangat susah mencari sponsor untuk menggelar turnamen catur,” keluh Utut.

Berikut hasil ‘Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024’:

Kategori GM:
1. IM Aditya Bagus Arfan – 8,5 poin
2. GM Novendra Priasmoro – 7,5 poin
3. GM Temur Kuybokarov – 7 poin
4. GM Susanto Megaranto – 6,5 poin
5. IM Gilbert Elroy Tarigan – 6 poin
6. IM Uurtsaikh Agibileg – 5,5 poin
7. IM Xiangyi Liu – 5 poin
8. IM Medina Warda Aulia – 5 poin
9. IM Yoseph Theolifus Taher – 4,5 poin
10. GM Eugenio Torre – 4,5 poin
11. IM Azarya Jodi Setyaki – 3,5 poin
12. GM Thien Hai Dao – 2,5 poin

Kategori IM:
1. FM Arif Abdul Hafiz – 8 poin
2. IM Farid Firman Syah – 8 poin
3. FM Khuyagtsogt Itgelt – 7 poin
4. IM Mohamad Ervan – 7 poin
5. FM Surya Wahyudi – 6 poin
6. IM Jan Emmanuel Garcia – 6 poin
7. FM Muhamad Agus Kurniawan – 5,5 poin
8. FM Cecep Kosasih – 5,5 poin
9. WGM Nguyen Thi Mai Hung – 5 poin
10. IM Zaw Htun Wynn – 4 poin
11. WIM Ummi Fisabilillah – 3 poin
12. FM Peter Long – 1 poin

 

No More Posts Available.

No more pages to load.