Ratusan Pecatur Ikuti Kasparov Junior Chess Tournament 2024

oleh -92 views

KANDIDATNEWS.COM – Sebanyak 127 pecatur dari 10 provinsi (DKI, Jatim, Jabar, Bali, Bengkulu, Banten, Jateng, Sumsel, Kalteng, dan NTB) ikut ambil bagian pada Kasparov Junior Chess Tournament 2024 yang digelar 11-12 Mei, di Checkmate Impian Catur, Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, Jawa Barat.

Turnamen berhadiah total Rp40.850.000 ini mempertandingkan 6 kategori, yakni Open 19 diikuti 22 peserta, Girls 19 (8 peserta), Open 15 (54 peserta), Girls 15 (15 peserta), Open 9 (18 peserta), dan Girls 9 (10 peserta).

Adapun pertandingan menggunakan Sistem Swiss 6 Babak, Catur Klasik, dengan standar chess 60 menit.

Menurut Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, turnamen kali ini memang sengaja mempertandingkan catur klasik untuk mengejar ketertinggalan kemampuan para pecatur Indonesia.

“Kita memang mengkhususkan menggelar nomor catur klasik atau catur standar, karena prestasi pecatur kita mulai menurun belakangan ini. Catur standar merupakan pondasi yang harus dimiliki oleh pecatur kita sejak usia belia. Bermain catur jangan buru-buru. Untuk membuat pondasi yang kuat bagi para pecatur, harus lebih banyak menggelar turnamen catur standar,” tandas Utut Adianto.

Menyoal pendanaan, Kasparov Chess Pondation Asia Fasific ikut memberi bantuan. “Sebagai wujud kepedulian Kasparov terhadap perkembangan olahraga catur di Tanah Air, Dia memberi bantuan untuk penyelenggaraan turnamen ini. Tapi Saya dan Pak Eka juga ikut mendanai. Demi perkembangan olahraga catur, Saya dan Pak Eka akan berbuat sebisa mungkin ,” tandas politisi PDIP itu menambahkan.

Dia menjelaskan, untuk menjadi seorang Grand Master catur, bukanlah hal yang mudah. Menjadi grand master tidak bisa secara tiba-tiba, harus proses panjang.

“Peluang untuk menjadi seorang Grand Master sangat kecil. Bermain catur mengajarkan kita banyak hal, strategi, pengendalian diri, dan mengendalikan emosi. Mereka yang pintar bermain catur pasti akan sukses di bidangnya. Saya punya banyak teman yang pernah jadi menteri, pejabat, dll, karena mereka mempunyai latar belakang seorang pecatur. Seorang pecatur akan menjadi ahli strategi, sehingga mereka akan sukses di bidangnya masing-masing.”

Pada kesempatan yang sama Owner SCUA, Eka Putra Wirya sangat berterima kasih pada Ignatius Leong dari Kasparov Chess Foundation Asia Facific yang telah menggelar Kasparov Tournament di Tanah Air.

“Saya sangat berterima kasih pada Ignatius Leong yang telah mempercayakan mengadakan Kasparov Tournament di sini. Ignatius Leong dan Pak Utut Adianto lah yang telah membuat saya mencintai olahraga catur sampai seperti ini,” tukas Pak Eka.

Seperti yang sudah-sudah, Eka Putra Wirya menutup sambutannya yang singkap dengan sebuah pantun, …

Paling asyik minum kopi gula aren
Minumnya pelan-pelan jangan buru-buru
Kasparov Turnamen memang keren
Semoga lahir grand master Grand Master baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.