Peserta JAPFA Chess Festival Membludak, Panitia Kalang Kabut

oleh -20 views

KANDIDATNEWS.COM – Panitia JAPFA Chess Festival 2023 jadi ‘kalang kabut’ gegara jumlah peserta ‘meledak’ di hari pertama penyelenggaraan yang berlangsung Rabu (18/10) siang, di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta. Tercatat sebanyak 472 pecatur memastikan diri bertarung di Even yang menyediakan hadiah total sebesar Rp265 juta.

“Kami tak menduga peserta akan sebanyak ini. Saat konfrensi pers 16 Oktober kemarin, jumlah peserta telah mencapai 452 orang. Namun sehari berselang pesertanya justru menyusut banyak, sekitar 400 orang. Tapi hari ini, jumlah peserta mencapai 472 orang. Kami tak mau mengecewakan peserta yang sudah mendaftar, sudut ruangan sebelah kanan depan yang biasanya menjadi tempat panitia, kami jadikan arena pertandingan,” ujar Ketua Panitia JAPFA Chess Festival 2023, Henry Hendratno.

Menurutnya, kalau animo masyarakat terhadap even ini sangat besar, Henry berencana pada penyelenggaraan JAPFA Chess Festival mendatang akan merapatkan jarak antar peserta. “Kalau pihak pengelola gedung mengijinkan, kami sebenarnya ingin menggunakan ruangan di lantai 1 yang ada di Gedung Serbaguna. Tapi mereka tak mengijinkan,” lanjutnya seraya melempar senyum.

Merry Damayanti dari PT JAPFA menambahkan, panitia harus bekerja berkejaran dengan waktu untuk menyiapkan ruangan pertandingan. “Waktu kita untuk menyiapkan ruangan pertandingan sangat sempit, karena tadi malam ruangan ini masih dipakai untuk acara lain.”

JAPFA Acungkan Jempol

Sementara itu Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya memberi acungan jempol, karena jumlah peserta yang membludak.

“Kami sangat gembira dengan benyaknya peserta yang berpartisipasi pada Festival kali ini. Ini sangat luar biasa. JAPFA Chess Festival ini terbuka untuk siapa saja. Festival ini kali ini mempertadingkan 12 kategori. Di JAPFA Chess Festival ke-13 ini, kami mempertandingkan kategori antar perusahaan. Data terakhir terdaftar 16 regu yang ikut ambil bagian di nomor ini,” ujar Rachmat Indrajaya.

Dia menyebutkan, kategori utama pada JAPFA Chess Festival 2023 adalah Dwitarung Putri Internasional antara pecatur Indonesia, WGM Dewi AA. Citra melawan WGM Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam) untuk kategori catur standar, dan WGM Janelle Mae Frayna (Filipina) vs Theodora Walukow (Indonesia) untuk kategori catur kilat secara online.

Pria yang akrab disapa Dada ini berharap, melalui ajang kali ini akan muncul talenta–talenta baru untuk meneruskan para seniornya yang sukses melangkah ke event–event internasional.

“Olahraga catur berkembang di semua lapisan, mulai pelosok, perkotaan hingga jenjang internasional. Begitu juga kategorinya mulai usia dini hingga orang tua bisa bermain catur,” tukasnya.

Pada JAPFA Chess Festival kali ini, seluruh pecatur putra bergelar Grand Master (GM), kecuali GM Utut Adianto, ikut ambil bagian. Mereka adalah GM Susanto Megaranto, GM Verdas Barus, dan GM Novendra Priasmoro. Sementara sebanyak 15 pecatur bergelar International Master (IM) dan International Master Women (IMW) juga memastikan meramaikan even ini.

Sedangkan Wakil Ketua Umum PB Percasi, Ikhsan Sulistyo, sangat mengapresiasi JAPFA yang hingga kini terus mendukung kegiatan PB Percasi. “Percasi sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh JAPFA selama 24 tahun. Mudah-mudahan JAPFA akan terus mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan PB Percasi,” ujar Ikhsan.

“Saya berharap di JAPFA Chess Festival kali ini, ada pecatur yang bisa mengalahkan pecatur bergelar Grand Master.”

 

No More Posts Available.

No more pages to load.