Menpora Tegaskan, Kompetisi Liga 1 Harus Kembali Bergulir

oleh -1 views
Menpora Zainudin Amali bersama ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

KANDIDATNEWS.COM – Menpora Zainudin Amali mengatakan, keberlangsungan Liga 1 Sepakbola Indonesia sangat penting, mengingat dalam waktu dekat Indonesia akan menghadapi pergelaran Piala AFFF dan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2023.

“Kita punya kebutuhan untuk mempersiapkan tim nasional baik untuk Piala AFF maupun untuk Piala Dunia U-20. Untuk Piala Dunia U-20, Indonesia menjadi tuan rumah. Mereka ini adalah para pemain di klubnya. untuk itulah Liga 1 harus kembali bergulir,” kata Menpora Amali.

Apa yang diungkapkan Menpora merupakan kesimpulan dari Rapat Koordinasi (Rakor) terkait keberlangsungan penyelenggaraan Liga 1, Senin (28/11) siang, di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta.

Hadir dalam Rakor ini antara lain Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus, Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si, Kepala Sub Direktorat Wilayah I Direktorat Prasarana Strategis, Feriqo Asya Y, serta perwakilan dari Kementerian Kesehatan serta perwakilan pemilik klub dan stakeholder lainnya

Amali menjelaskan, para pemilik klub dari 18 klub Liga 1 yang hadir dalam rakor ini sepakat memberikan dukungan penuh akan terbentuknya tim nasional yang tangguh, baik senior maupun tim nasional kelompok umur.

“Artinya komitmen dari klub terhadap terbentuknya tim nasional sudah sangat jelas. Tapi kita tahu persis bahwa kalau hanya dengan latihan saja, apakah itu latihan dalam negeri maupun di luar negeri itu tidak cukup. Harus ada atmosfer kompetisi yang bisa mengasah kemampuan tim nasional ini,” jelasnya.

Dijelaskan, dengan adanya kompetisi, pelatih dapat melihat pemain-pemain yang dibutuhkannya untuk timnas. Kompetisi yang telah terhenti imbas Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 akan digelar kembali. PT LIB dan PSSI sendiri telah melakukan perbaikan dan melakukan transformasi pengelolaan kompetisi. Polri juga telah menyampaikan berbagai hal terutama soal SOP pengamanan.

“Kepolisian akan mengundang stakeholder seperti PT LIB dan PSSI untuk melakukan rapat merumuskan terkait penyelenggaraan Liga 1. Melalui pertemuan itu, Polri akan memutuskan apakah kompetisi ini boleh lanjut atau tidak,” pungkas Menpora.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan dalam rakor ini, pihaknya meminta kepada pemerintah agar Liga Sepakbola Indonesia baik Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 dapat digulirkan kembali.

Hal ini juga sesuai dengan permintaan pelatih tim nasional Shin Tae-yong yang meminta kompetisi digelar kembali.

“Permintaan Shin Tae-Yong, kompetisi minta digelar lagi agar pemain timnas mampu meningkatkan performanya,” ujar Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule.

Sementara itu terkait penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) akan berkoordinasi dengan FIFA terkait penggunaan GBK sebagai tempat penyelenggaraan Piala AFF 2022.

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali sempat menyatakan kalau Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tidak boleh digunakan, karena stadion akan dijadikan salah satu venue Piala Dunia U20 2023, 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Timnas Indonesia akan mengikuti Piala AFF 2022 yang dijadwalkan dengan format home-away alias kandang tandang pada 23 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Untuk menggelar laga kandang, Indonesia memiliki tiga opsi yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta International Stadium (JIS), dan Stadion Pakansari.

No More Posts Available.

No more pages to load.