SDI: Capreskan Anies, Surya Paloh Jempolan

oleh -51 views

KANDIDATNEWS.COM – Partai Nasdem telah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon Presiden. Ini adalah langkah politik Pak Surya Paloh yang lebih maju dibanding partai lain. Saya melihat kalkulasi politik Pak Surya Paloh yang sangat matang. Surya Paloh Jempolan.

Pak Surya Paloh meraih momentum yang tepat dgn menentukan capres lebih awal. Pilihan kepada Anies juga tepat karena secara elektoral Anies masuk Top 3 dan tidak berafiliasi dengan partai manapun. Berbeda halnya jika Ganjar Pranowo yang namanya juga muncul namun menempel warna PDIP.

Tiga benefit dengan deklarasi Anies saat ini .

Pertama, keputusan ini bisa membawa efek ekor jas bagi Partai Nasdem.

Kedua, mendapat momentum yang tepat karena membuat sikap politik yang pasti di tengah akrobat partai-partai tentang capres dan koalisi yang penuh ketidakpastian. Publik selalu menanti kepastian.

Ketiga, keputusan ini menunjukan kemandirian Surya Paloh sebagai ketua Umum Partai yang tidak merasa tersandera. Apalagi wacana Jokowi cawapres kini muncul pasca menghilangnya isu Jokowi tiga periode. Hal ini positif di mata publik.

Namun saya juga perlu memberikan catatan agar Partai Nasdem segera memutuskan koalisinya yang solid. Saat ini Partai Demokrat dan PKS yang sudah disebut akan membangun koalisi dengan partai Nasdem. Munculnya nama Anies masih memunculkan potensi partai lain untuk bergabung. Koalisi ini juga untuk memperkuat peluang Anies terus melaju.

Anies saat ini saya ibaratkan bunga yang baru mekar. Jangan sampai sekuntum bunga Anies yang baru mekar dan disinari surya ini, layu sebelum terkembang.

 

Penulis: Direktur Eksekutif Sinergi Data Indonesia (SDI), Barkah Pattimahu.

No More Posts Available.

No more pages to load.