Kemenpora dan KONI Pusat, Salut pada PT JAPFA

oleh -30 views

KANDIDATNEWS.COM – Kemenpora dan KONI Pusat salut dan sangat berterima kasih kepada PT JAPFA yang selama 24 tahun bekerjasama dengan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), menciptakan pecatur berkualitas.

Hal demikian dikatakan Sesmenpora, Jonni Mardizal dan Ketua Pendidikan dan Penataran KONI Pusat, Alman Hudri, Sabtu (10/9) siang, di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta.

“Kemenpora sangat berterima kasih kepada PT JAPFA yang telah membantu Percasi, menciptakan percatur berkualitas melalui programnya, di antaranya menggelar JAPFA Chess Festival hingga 12 kali. Ini sungguh luar biasa,” tegas Jonni.

“PT JAPFA bersama PB Percasi telah bekerja keras membina Olahraga catur di Tanah Air.
Terkait pencarian bakat, telah diatur melalui DBON.”

Diakuinya, terkait pembiayaan, ada banyak cabang olahraga yang diminati banyak orang, sehingga banyak yang siap mendanai. Sebaliknya, ada cabang olahraga yang kurang peminat, sehingga susah mendapat sponsor.

Hal senada dilontarkan Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran KONI Pusat, Alman Hudri. “KONI berharap ada perusahaan lain yang siap membantu PB Percasi, seperti yang telah dilakukan PT JAPFA selama 24 tahun,” ujar Alman.

Menurutnya, semakin banyak perusahaan membantu cabang olahraga (cabor), maka semakin banyak atlet berkualitas yang akan lahir.”

Sementara itu Direktur Corporate Affairs JAPFA, Rachmat Indrajaya, berjanji akan selalu siap membantu berbagai kegiatan yang diselenggarakan PB Percasi.

“Doakan Kami agar selalu bisa membantu PB Percasi,” ujar Indrajaya yang kesehariannya akrab disapa Dada.

JAPFA Chess Festival kali ini merupakan yang ke-12 kalinya. Setelah tak bisa membuat kegiatan, imbas dari merebaknya wabah Covid-19, ini merupakan turnamen pertam yang kita adakan. Karena Covid-19 masih ada, maka turnamen ini masih menerapkan protokol kesehatan yang tinggi,” jelasnya.

JAPFA Chess Festival kali ini diikuti 520 pecatur dari 22 provinsi dan akan berlangsung 10-14 September mendatang di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta.

“Hadiah total yg diperebutkan sebanyak Rp270 juta. Karena Festival, umum boleh ikut ambil bagian. Nantinya mereka akan bertarung di 12 kategori.”

Selain mempertandingkan 12 kategori, event catur kali ini diramaikan dengan pertarungan antara IM Mohammad Ervan lawan GM Darwin Layla dari Filipina, serta IM Medina Warda Aulia melawan WGM Gong Qianyum dari Singapura.

Ketua Umum PB percasi, GM Utut Adianto mengatakan, event catur yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) merupakan hasil kerjasama PB Percasi dengan PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk yang ke 24 tahun.

“Saya bersyukur PT JAPFA tetap setia mendukung PB Percasi dalam melakukan pembinaan atlet mulai level bawah hingga tingkat internasional,“ kata Utut.

Bila kerjasama yang dilakukan dengan JAPFA bisa diikuti perusahaan lain di Indonesia, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan bisa mengejar India yang kini memiliki pecatur GM lebih dari 70 orang. Begitu juga elorating yang dimiliki para pecaturnya mencapai 2.700 sudah banyak diturunkan di event internasional sekelas Olimpiade.

Utut menambahkan, sudah banyak pecatur muda berkualitas yang lahir berkat turnamen yang digelar oleh PT JAPFA, di antaranya GM Susanto Megaranto, GMW Irene Kharisma, Chelsie Monica MIW (Master Internasional Wanita), GMW Medina Wardha Aulia, dll.

“Saya memperkirakan dua, tiga tahun ke depan akan lahir lagi 5 Grand Master muda di Indonesia. Di antaranya, Jodi Setyaki.”

No More Posts Available.

No more pages to load.