Surya Wahyudi Terus Menempel GM Susanto Megaranto

oleh -169 views
Ahmad Fauzi (kiri) tak mampu menghadapi kehebatan GM Susanto Megaranto.

KANDIDATNEWS.COM – GM Susanto Megaranto (elo rating 2548) masih belum terkalahkan di ajang JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021. Hingga tujuh babak, dari sembilan babak yang dimainkan, dia telah mengemas 6,5 angka kemenangan. Di babak ketujuh dia mengalahkan Ahmad Fauzi (2113), Selasa (7/12) malam, di Gedung Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Sementara itu di babak keenam yang berlangsung pagi hari, Susanto yang memegang buah hitam dipaksa bermain remis oleh Surya Wahyudi (2199). Di babak kedelapan, Susanto akan menghadapi FM Hudany M. Miftahul (2213).

“Tadi saya pegang buah putih, tapi saya memilih bermain bertahan menghadapi Susanto. Saya gak mau terpancing untuk menyerang. Akhirnya bisa memaksa remis Santo pada langkah ke-34. Saya pilih main aman saja. Saya mau cari poin menang di babak ketujuh. Kalau menang, saya bisa ke atas (peringkat sementara),” ungkap Surya Wahyudi yang memulai permainan dengan pembukaan Gambit Menteri.

Harapan Surya pun tercapai. Di babak ketujuh dia sukses menjinakkan FM Hamdani Rudin (2308). Kini poin yang dikemasnya sama dengan perolehan Susanto Megaranto (6,5 poin kemenangan). Selanjutnya di babak kedelapan, dia ditantang Dziththauly Ramadhan (2164).

Direktur Turnamen JAPFA FIDE Rated Chess Tournament, Hendry Djamal mengomentari pertarungan Susanto Megaranto vs Surya Wahyudi, sebagai pertandingan mencari aman. Kedua pemain tidak ngotot mencari kemenangan.

“Buat Susanto, yang penting dia bisa menjuarai turnamen ini. Makanya dia tidak main ngotot. Seorang pecatur harus pandai melihat situasi, kapan dia harus bertarung mati-matian, kapan dia bisa main dengan separuh kekuatan,” jelasnya.

Hingga tujuh babak yang telah dimainkan, Susanto Megaranto masih berada di peringkat pertama dengan 6,5 poin. Posisi kedua hingga kesepuluh ditempati Surya Wahyudi (6,5 poin), Dziththauly Ramadhan (6 poin), Hudany M. Miftahul (6 poin), Hamdani Rudin (5,5 poin), Ahmad Fauzi (5,5 poin), Sagita Catur Adi (5,5 poin), Tobing Daniel Hermawan (5,5 poin), Arfan Aditya Bagus (5,5), dan Anang Satriyadi juga dengan 5,5 poin.

JAPFA FIDE Rated Chess Tournament diikuti oleh 150 pecatur, menyediakan hadiah total Rp110.500.000. Turnamen yang menggunakan sistem pertandingan Swiss 8 Babak akan berakhir Rabu (8/12) malam.

Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto menjelaskan, tujuan utama dari turnamen ini adalah untuk memperbanyak jumlah pecatur yang memiliki rating di Indonesia. “Semakin banyak yang memiliki rating, semakin baik untuk perkembangan catur di Tanah Air.”

“Bagi 20 pecatur yang masuk 20 besar, otomatis akan meraih gelar, Percasi yang akan membayar biaya administrasi mereka FIDE (Federasi Catur Dunia).”

Utut berharap, untuk melahirkan banyak pecatur berkualitas, ke depannya lebih sering menggelar turnamen catur klasik. “Kalau ada sponsor yang berniat menggelar turnamen catur cepat atau catur kilat, silakan. Namun untuk pembinaan, Percasi akan fokus menggelar turnamen catur klasik.”

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.