Agustiar Sabran Prihatin, Atlet Catur Indonesia Terkendala Dana

oleh -74 views
Agustiar Sabran

KANDIDATNEWS.COM – Ketua Pengurus Daerah Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengda Percasi) Kalimantan Tengah yang juga anggota DPR RI dari PDIP, Agustiar Sabran menilai, kualitas pecatur muda Indonesia saat ini mengalami kemajuan pesat.

“Kualitas pecatur muda Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mereka mampu memberikan perlawanan saat bertanding di turnamen ini,” ujar Agustiar, Selasa (7/12) petang, di sela-sela berlangsungnya JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021, Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Menurutnya, kalau tak terkendala dana untuk mengikuti turnamen di luar negeri, dia sangat yakin para pecatur Indonesia akan semakin disegani di kancah internasional.

“Hingga saat ini pecatur kita terkendala dana. Ini yang membuat prestasi pecatur kita di kancah internasional terhambat,” lanjutnya.

“Sebagai cabang olahraga yang sangat merakyat, catur semestinya mendapat dukungan dari pemerintah. Terutama dalam hal pendanaan untuk menggalakkan kejuaraan baik lokal maupun nasional.”

Ia pun berharap para pecatur muda saat ini agar terus mengasah kemampuan dengan mengikuti banyak turnamen. Harapannya agar kualitas mereka semakin baik dan bisa mendapat gelar seperti yang diraih Grand Master (GM) Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, atau bahkan GM Utut Adianto.

Sementara itu bagi dirinya, catur sudah mendarah daging pada dirinya. Saking cintanya pada olahraga yang satu ini, dia pernah bermain catur hingga empat hari, empat malam.

Di JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021, Agustiar baru mengemas tiga poin kemenangan dari tujuh babak yang telah dimainkan.

“Khusus untuk turnamen ini, saya tak punya target apa-apa. Saya cuma ingin berpartisipasi.”

 

No More Posts Available.

No more pages to load.