GM Susanto Belum Tertandingi di JAPFA Chess Festival 2023

oleh -22 views

KANDIDATNEWS.COM – GM Susanto Megaranto masih belum tertandingi. Hingga babak ke-7 JAPFA Chess Festival 2023, pecatur berbendera Jabar yang memiliki elo rating 2540, mengemas 7 VP, di Kategori Open. Kali ini yang menjadi ‘korban’ kehebatannya adalah pecatur Jabar lainnya, NM Nuh Hakim Perwiratama (2216), Sabtu (21/10) malam, di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta. Susanto yang memegang buah putih, menang di langkah ke-61.

Di babak ke-8 yang akan dimainkan sejak pukul 08.00 WIB, Susanto ditantang Azarya Jodi Setyaki (2364), putra dari mantan pecatur putri andalan Indonesia, Lisa Lumongdong. Jodi (DKI), di babak ke-7 berhasil menyudahi perlawanan NM asal Papua, Fikrul Saefudin (2130).

Partai menarik lain di Kategori Open akan mempertandingkan IM asal Jabar, Dede Liu (2304) melawan IM Danny Yuswanto (2386) asal Banten. Kedua pecatur ini sama-sama mengemas 6 VP.

Dewi Ungguli Mai Hung

Untuk Kategori Dwitarung Putri Internasional antara pecatur Indonesia, WGM Dewi AA Citra (2256) berhasil mengungguli pecatur Vietnam, WGM Nguyen Thi Mai Hung (2226), di babak ke-5. Saat ini Dewi unggul 3 VP-2 VP.

Pertarungan Dewi vs Mai Hung berlangsung alot. Dewi bahkan sempat tertekan dari Mai Hung, namun pecatur kelahiran Kalimantan Utara yang memegang buah hitam ini, mampu membalikkan keadaan dan berhasil memenangkan pertandingan pada langkah ke-90.

“Saya memperkirakan babak ke-5 bakal remis lagi. Karena selama ini, pertandingan antara Dewi dengan pecatur Vietnam sering sekali remis,” ujar Mus Santoso (73), ayah dari dewi AA Citra saat menyaksikan pertandingan.

Mus menambahkan, Dewi dengan Mai Hung sudah berteman dan bertanding sejak mereka berusia 12 tahun. Selama itu pula, hasil pertandingan antara kedua pecatur lebih sering imbang.

Theodora Kalah

Sementara itu di Kategori Dwitarung Online antara WCM Theodora Paulina Walukow (1735) melawan WGM Janelle Mae Frayna (2141), pecatur andalan Indonesia hingga babak ke-7, kalah 1,5 VP- 5,5 VP.

Sabtu, kedua pecatur akan memainkan partai terakhir atau babak ke-8 dengan mempertandingkan Blitz Chess atau catur kilat.

JAPFA Chess Festival 2023 yang merupakan even ke-13 kalinya digelar atas kerjasama PT JAPFA dengan PB Percasi, mempertandingkan 12 kategori, dengan menyediakan hadiah total sebesar 265 juta.

Melalui JAPFA Chess Festival, diharapkan akan muncul bibit pecatur handal yang bisa mengharumkan nama bangsa dan negara di masa depan.

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.