Turnamen Catur Cepat Japfa Christmas Cup 2022 Berakhir, GM Novendra Juaranya

oleh -5 views
Sebelum menutup Turnamen Catur Cepat Christmas Cup 2022, GM Utut Adianto menggelar coaching clinic sambil bagi-bagi hadiah dari PT Japfa.

KANDIDATNEWS.COM – Turnamen Catur Cepat Christmas Cup 2022 yang disponsori oleh PT JAPFA Comfeed telah berakhir Minggu (18/12) siang, di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta. Tampil sebagai juara di kategori Terbuka, GM Novendra Priasmoro elo rating 2475 (DKI) tampil sebagai juara dengan meraih 8,5 poin, disusul IM Azarya Jodi Setiyaki (2380) juga dari DKI di posisi kedua (7,5 poin) dan NM Ricky Rismanto (2234) dari Jabar di tempat ketiga juga dengan 7,5 poin.

Di kategori U12 Putra, NM As Thirof dari Jatim tampil sebagai juara, disusul Steven Tan (DKI) dan Fatih Winartha (Jabar) di posisi kedua dan ketiga. Untuk kategori U12 Putri, juara diraih oleh Kenya Kesuma Dewi dari Jatim, disusul Nadifa (Jabar) dan Fatonah Almugniasari (DKI) di peringkat kedua dan ketiga.

Untuk kategori U16 Putra, juara diraih Stevanky dari Jabar, disusul di posisi kedua dan ketiga, Reynard Kristopher (Banten) dan Daniel Fortino (Jatim), sedangkan di kategori U16 Putri, Adeeba Izzah dari Jatim keluar sebagai pemenang pertama, disusul Salwa Nadia Maharani (Jatim) dan Putri Maulana Ramadhani (Kaltim) di peringkat kedua dan ketiga.

Mengomentari hasil turnamen kali ini, Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto mengatakan, untuk kategori Terbuka, GM Novendra Priasmoro memang layang tampil sebagai juara. “Novendra saat ini berada di seeded pertama, kondisinya lagi bagus, Dia layak sebagai juara. Sementara Azarya Jodi yang menempati posisi kedua, mempunyai kesempatan besar meraih gelar Grand Master. Selain Jodi ada
FM Aditya Bagus Arfan dan IM Gilbert Elroy Tarigan yang punya peluang menjadi Grand Master,” ujar Utut.

“Di kelompok junior, Jatim ternyata mempunyai pecatur potensial masa depan. Di kategori putri ada Adeeba Izah dan Kenya Kesuma Dewi, sedangkan di kategori putranya, Jatim memiliki NM As Thirof,” tambahnya.

Dari hasil ini, politisi PDIP ini telah menginstruksikan Tim Pemantau PB Percasi yang dimotori oleh GM Susanto Megaranto untuk memperbanyak menggelar turnamen di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Ke depan, PB Percasi akan lebih fokus menggelar turnamen catur klasik. “Prestasi catur kita, belum seperti yang kita harapkan. Prestasi memang tetap ada. Namun medali emas yang kita raih di even internasional, berasal dari catur cepat dan rafid chess. Catur klasik kita masih tertinggal,” tegasnya.

Utut menjelaskan, untuk menciptakan pecatur hebat, dibutuhkan proses yang cukup lama. “Menciptakan juara melalui proses panjang. Juara tidak bisa dicapai dalam hitungan hari. Karenay Percasi akan terus melakukan pembinaan terus menerus. PB Percasi akan jalan terus melakukan pembinaan. Kita akan menjalankan turnamen semampu kita. Mudah-mudahan kita akan mengadakan turnamen seperti ini lagi”.

Dia bersyukur, saat ini banyak orang tua pecatur yang sangat peduli dan merasa bangga ketika anak-anaknya menekuni olehraga catur. “Saat ini banyak orang tua yang memasang foto anak-anaknya yang tengah bermain catur di instagram dan media sosial. Ini merupakan bentuk dukungan dan kepedulian mereka terhadap catur. Saya sangat senang,” tukasnya.

Kepada PT JAPFA Comfeed, Utut Adianto mengucapkan banyak terima kasih, karena lebih dari 23 tahun, PT JAPFA telah mendukungan berbagai kegiatan PB Percasi. “Percasi berharap, untuk tahun-tahun mendatang, PT JAPFA akan terus mendukung kegiatan PB Percasi. Saya juga berharap dengan begitu besarnya dukungan yang diberikan PT JAPFA terhadap olahraga catur, sudah selayaknya pemerintah dalam hal ini Kemenpora, memberikan penghargaan kepada PT JAPFA Comfeed.”

Turnamen Catur Cepat Christmas Cup 2022 yang diikuti 388 pecatur dari 21 Pengda Percasi, menyediakan hadiah total Rp60 juta.

PT JAPFA juga membagi-bagikan door prize dan banyak hadiah kepada pecatur dan wartawan peliput, mulai dari kipas angin, kompor gas, sampai rice cooker.

No More Posts Available.

No more pages to load.