FM Aditya Bagus Harus Puas dengan Medali Perak

oleh -5 views
FM Aditya Bagus Arfan

KANDIDATNEWS.COM – Indonesia cuma meraih medali perak setelah pecatur andalannya, FM Aditya Bagus Arfan (elo rating 2341) di Nomor Catur Klasik U-18, di Kejuaraan Catur Junior Asia 2022 atau Asian Youth Chess Championship (AYCC)  yang digelar 14-21 Oktober di Hotel Grand Inna, Kuta, Bali. Medali emas diraih pecatur Vietnam FM Dao Minh Nhat (elo rating 2331).

Dari sembilan babak yang dimainkan, Aditya hanya mampu mengumpulkan 6 poin kemenangan, tertinggal 1 poin dari  lawannya, Dao Minh (7). Di nomor ini, Dia mencatat empat kali kemenangan, empat kali remis, dan satu kali kalah.

Aditya yang baru berusia 16 tahun, bertanding untuk kategori U-18. Dia main di KU 18 karena bertekad langsung meraih gelar IM (International Master), jika tampil sebagai juara.

Nomor Catur Klasik (Catur Standar) merupakan nomor yang paling bergengsi, karena waktu berpikirnya panjang, sekitar 90 menit plus 30 detik per langkah.

Indonesia sebetulnya memiliki peluang meraih medali di Nomor Catur Klasik KU18 Putri atas nama Laysa Latifah (2036). Namunharus puas berada di peringkat empat, meskipun poin yang diraihnya 6, sama dengan poin yang diraih peringkat ketiga asal Kazakhstan, WIM Zeinep Sultanbek (1843). Laysa kalah tie-break. Laysa berhasil mengumpulkan 6 poin, hasil dari lima kali menang, dua kali remis, dan dua kali kalah. Sementara 6 poin yang diraih Zeinep, hasil dari enam kali menang dan tiga kali kalah.

Medali emas dan perak di nomor ini, diborong oleh pecatur Vietnam, WFM Nguyen Thien Ngan (1947) dan WFM Vu Bui Thi Thanh Van (1850). Keduanya sama-sama mengemas 6,5 poin kemenangan.

Indonesia mendapat tambahan medali catur klasik lainnya dari nomor beregu. Empat medali perak dari Nomor Beregu KU 18 Putra dipersembahkan oleh FM Aditya Bagus Arfan, Cahaya Satria Duta, dan Raden Syafiuddin. Untuk Nomor KU 18 Putri dipersembahkan oleh Laysa Latifah, WCM Paulina Theodora Walukow, dan Natalie Cecilia Liuviann.

Untuk KU 16 Beregu Putra, medali dipersembahkan oleh Tri Laksa Bagus Karunia, Nayaka Budhidharma, dan Nathanael Dieudonne Simanihuruk, sedangkan di Nomor, sementara itu di Nomor KU-16 putri, direbut oleh kwartet Adeeba Izzah Mumtaztaqiya Ulayya, Joane Nungki Cherishta, dan Armenia Zendy Purwanto.

Sedangkan tiga medali perunggu diraih dari Nomor Beregu KU 14 Putra (Andreas Tio Parulian Tampubolon, Claudio Vargues Vasco Lasama, dan Morado Simanjuntak), di Nomor KU-12 Putra (As Syahsyah Syakish Thirof, Steven Tan, dan Darren Emmanuel Aprilio Tan, dan di Nomor KU-12 Putri (Almugniasari Fatonah, Kenya Kesuma Dewi, dan Zilla Altofun Nisa).

No More Posts Available.

No more pages to load.