Shaina Aylakia Megaranto, Siap Mengikuti Jejak Ayahnya

oleh -187 views
Shaina Aylakia Megaranto

KANDIDATNEWS.COM  – Pepatah ‘Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonnya’ ternyata dialami oleh GM Susanto Megaranto. Putrinya Shaina Aylakiva Megaranto yang baru berusia 8,5 tahun ikut terjun di JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021, 4-8 Desember di Gedung Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta.

Kendati berani tampil menghadapi pecatur dewasa, namun Shaina masih malu saat diajak bicara. Menurut Ibundanya, Citra Milanda, keikutsertaan putrinya sekadar mencari pengalaman. Dari empat babak yang telah dimainkan, dia baru meraih 1 poin dari satu kali kemenangan.

“Cari pengalaman aja sih dari turnamen ini. Ke depan, harapan saya dia bisa ikut bapaknya (jadi GM). Sekarang nambah ilmu catur dulu,” ujar Citra Milanda, Senin (6/12) siang, di saat mendampingi Shaina di Gedung Serba Guna, Senayan, Jakarta.

“Waktu kalah, dia nangis. Tapi dari permainan catur ini, dia jadi lebih rajin, disiplin, tahu waktu,” ujarnya seraya tersenyum sumringah.

Dia bercerita, putrinya mulai suka catur sejak usia empat tahun. Ketika itu, Shaina berusaha menghapal nama-nama bidak catur. “Baru satu tahun kemudian, dia mulai tahu langkah-langkah bidak catur.”

Citra Milanda sangat gembira ketika Shaina berhasil menjuarai Kejurda Catur Junior tingkat Jawa Barat, tahun ini. “Shaina juga menduduki peringkat ketiga saat ikut Kejurnas Catur Junior di Belitung untuk kategori usia di bawah 9 tahun.

“Shainia sekarang belajar catur di SCUA (Sekolah Catur Utut Adianto) di Bekasi. Selama pandemi, belajarnya seminggu sekali secara online,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.