Rumah Pintar BSD City Beri Bantuan Alkes untuk 7 Puskesmas Rujukan Penanganan Covid-19 di Tangsel

Spread the love
Pada masa pandemi Covid-19 ini, fasilitas dan tenaga kesehatan mendapatkan perhatian khusus dalam penanganan penyebaran wabah tersebut. Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) seperti Puskesmas menjadi salah satu fokus utama mengingat lokasinya yang paling dekat dengan tempat tinggal masyarakat. Puskesmas menjadi garda terdepan dalam menyaring masyarakat sekitar yang datang dengan sejumlah keluhan spesifik yang mirip gejala Covid-19.

KANDIDATNEWS.COM – Sinar Mas Land melalui Rumah Pintar BSD City memberikan bantuan alat kesehatan (alkes) ke tujuh puskesmas rujukan penanganan Covid-19 di Tangerang Selatan. Sumbangan alkes tersebut berupa 350 face shields, 700 masker kain, 70 liter sanitizer, dan 200 liter disinfektan.

Maria Chatarina, CSR Dept. Head BSD City, Sinar Mas Land menyatakan, sumbangan alat kesehatan kami berikan sebagai bentuk nyata perhatian kami terhadap kesehatan warga Tangerang Selatan. Sumbangan ini kami salurkan ke Puskesmas sehingga masyarakat merasa lebih nyaman dalam mendapatkan konsultasi kesehatan.

Sumbangan alat kesehatan ini didistribusikan ke Puskesmas di Rawabuntu Kecamatan Serpong, Bakti Jaya Kecamatan Setu, Pondok Jagung Kecamatan Serpong Utara, Pondok Aren Kecamatan Pondok Aren, Benda Baru Kecamatan Pamulang, Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur, dan Kampung Sawah Kecamatan Ciputat Timur.

“Dalam penanganan pasien positif Covid-19, para tim medis di Puskesmas sangat membutuhkan beragam alat kesehatan untuk menunjang tenaga medis sebagai garda terdepan dalam memerangi virus Covid-19. Kami berterima kasih kepada Sinar Mas Land yang turut memberi dukungan untuk kesehatan masyarakat Tangerang Selatan,” ujar Kepala Puskesmas Rawabuntu, Dr Hartono.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Sinar Mas Land sebagai pihak swasta dengan Polres Tangerang Selatan sebagai aparat pemerintah dan komunitas masyarakat Gerakan Sosial Independen Masks for You dalam mendukung para tenaga medis memerangi wabah Covid-19. Dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, polisi wanita (polwan) dari Polres Tangerang Selatan turut serta memberikan bantuan berupa 350 makanan siap santap kepada tenaga medis dan pengunjung puskesmas tersebut.

Gerakan Sosial Independen Masks for You yang memiliki tagline “Melindungi Diri untuk Lindungi Negeri” merupakan mitra Rumah Pintar BSD City. Komunitas nirlaba dan nonpolitis ini bergerak untuk membantu Indonesia melawan pandemi Covid-19 dengan membagikan masker secara gratis kepada masyarakat. ”Dengan pelibatan tiga unsur, yaitu swasta, pemerintah, dan komunitas masyarakat, kami berharap kegiatan ini menjadi sinergi dalam melawan wabah virus Covid-19,” ucap Maria Chatarina.

Rumah Pintar BSD City

Rumah Pintar BSD City diresmikan pada tahun 2014. Keberadaan ‘’Rumah Pintar BSD City’’ merupakan bentuk kepedulian Sinar Mas Land terhadap pendidikan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat. ‘’Rumah Pintar BSD City’’ bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan non formal bagi anak-anak dan remaja. Juga menjadi sarana pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga dan UMKM.

Rumah Pintar BSD City telah menyelenggarakan ragam kegiatan bersama masyarakat seperti Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), pembekalan keterampilan untuk ibu rumah tangga dan remaja, pelatihan bahasa isyarat bagi penyandang tunarungu dan tunawicara bekerja sama dengan Gerakan Tuli Indonesia cabang Tangerang Selatan, dan berbagai kegiatan Pendidikan serta pemberdayaan masyarakat lainnya

Dalam rangka membantu mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat, Rumah Pintar BSD City juga membagikan hand sanitizer, masker, dan cairan disinfektan ke sejumlah sekolah binaan GSM. Sinar Mas Land melalui Rumah Pintar BSD City juga menyalurkan 1.000 paket nasi kotak setiap minggunya. Bantuan nasi kotak tersebut diperuntukan bagi para warga terdampak Covid-19 seperti : tukang ojek online, tukang parkir hingga pedagang asongan yang dibagikan dengan cara mendatangi langsung mereka.

Dukungan Sinar Mas Land

Semenjak resmi dinyatakan pandemi Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Sinar Mas Land telah melakukan berbagai upaya untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus tersebut. Upaya yang telah dilakukan perusahaan diantaranya pengadaan 25.000 rapit test kit yang disumbangkan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, beberapa Pemerintah Daerah serta instansi kesehatan terkait lainnya.

Sinar Mas Land juga telah menyumbangkan 750 APD (alat pelindung diri) ke beberapa institusi seperti : Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Pemerintah Kabupaten Tangerang dan sejumlah Pemerintah Daerah lainnya. Selain itu, Sinar Mas Land juga memberikan bantuan sebanyak 1.000 (APD) berupa baju hazmat ke Walikota Surabaya. Bantuan tersebut kemudian disalurkan ke sejumlah rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19 di wilayah Surabaya.

Tidak hanya itu, di Batam, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam serta TNI-Polri telah membentuk relawan pelatihan cara cuci tangan yang baik serta telah mendistribusikan 210.000 liter hand sanitizer yang didatangkan oleh Yayasan Temasek dan Tuan Sing Holding Limited dari Singapura.

Sinar Mas Land bersama TNI dan POLRI telah menyalurkan 5.000 paket bahan pangan secara bertahap kepada warga terdampak Covid-19. Bantuan tersebut diantarkan ke rumah warga yang membutuhkan di sekitar BSD City.