Peningkatan Kesadaran Publik Tentang PSBB Jadi Prioritas

Spread the love
Banyak warga Jakarta yang masih tak mematuhi aturan PSBB, seperti tak mengenakan masker saat keluar rumah atau saat berkendara.

KANDIDATNEWS.COM – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan peningkatan kesadaran publik tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan hal prioritas untuk dilakukan, khususnya oleh aparat penegak hukum.

“Kita berharap upaya-upaya meningkatkan kesadaran ini adalah hal prioritas,” ujar Doni dalam konferensi pers melalui video di Jakarta, Senin.

Doni mengatakan pemerintah berharap langkah penegakan hukum menjadi jalan terakhir dalam penerapan PSBB. Pendekatan yang terus digalakkan adalah pendekatan komunikasi.

Pemerintah meyakini aparat penegak hukum dapat meyakinkan masyarakat agar mematuhi anjuran PSBB.

“Sebab ini untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain. Seseorang yang belum dites, belum tentu aman. Bisa saja positif dan kehadirannya menjadi penebar maut bagi kelompok rentan,” jelas Doni seperti dikutip dari Antara.

Doni mengingatkan rasio jumlah dokter dengan jumlah penduduk, sangat kecil. Ketika masa pandemi dan dalam waktu bersamaan banyak masyarakat datang ke rumah sakit, tenaga medis akan kewalahan.

“Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk menjaga jarak,” ujar Doni.