Warga Jakarta Masih Banyak yang Tak Menggunakan Masker

Spread the love
Meskipun berada di keramaian Pasar Bedeng, Cempaka Baru, Jakarta Pusat, masih banyak warga yang tak menggunakan masker.

KANDIDATNEWS.COM – Intruksi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mewajibkan warga Jakarta mengenakan masker kain saat keluar rumah, ternyata belum sepenuhnya dituruti. Masih banyak warga yang bepergian, bahkan belanja ke pasar tradisional tanpa masker.

“Ribet pake masker. Kalo ngomong jadi nggak bebas. Enakan begini aja, nggak pake masker,” ujar Giman, salah seorang warga Kemayoran pagi tadi.

Banyak warga lain yang juga masih enggan mengenakan masker kain. Mereka mengaku lebih bebas beraktifitas, jika tanpa masker.

“Kalau belanja pake masker, nawarnya nggak pede. Mendingan begini aja,” kata seorang ibu yang baru keluar dari Pasar Bedeng, Cempaka Baru, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, menyikapi semakin banyaknya warga Jakarta yang positif corona, lebih dari seribu orang, Anies Baswedan mewajibkan warganya bermarker ketika beraktivitas di luar rumah. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona di Jakarta.

Perintah Anies ini tertuang dalam Seruan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Penggunaan Masker Untuk Mencegah Penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

Jenis masker yang harus digunakan masyarakat adalah masker kain, karena persediaan masker medis saat ini hanya untuk tenaga medis.

“Tidak membeli dan atau menggunakan masker medis serta menyadari bahwa masker medis diprioritaskan untuk tenaga kesehatan,” tegasnya.

Ia mengingatkan agar masker kain yang sudah digunakan selalu dicuci supaya tetap bersih.