Atlet Barongsai Sumbar – Banten Ditraktir Makan-Makan

oleh -12 views

KANDIDATNEWS.COM – Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) memberi apresiasi kepada FOBI Sumbar (Himpunan Bersatu Teguh – HBT) dan FPBI Banten (Daya Bersama) yang sukses menjadi juara bersama untuk Kategori Internasional pada 1st World Barongsai Championships, 17-19 Mei lalu, di Britama Arena Kelapa Gading.

Ketua Umum PB FOBI, Edy Kurnia mengatakan, apresiasi itu diberikan sebagai wujud rasa syukur dan bahagia Indonesia bisa meraih Piala Presiden pada even tersebut. “Saya seperti mimpi ketika barongsai Indonesia (Sumbar dan Banten) bisa tampil sebagai juara. Saya sama sekali tak menyangka. Awalnya saya menduga FOBI Jakarta, ternyata meselet. Karena sukses meraih Piala Presiden, malam ini kita makan yang enak-enak,” ujar Edy Kurnia dengan wajah sumringah, Senin (24/6) siang, di Sekretariat PB FOBI, Jakarta.

Dia menambahkan, FOBI tak membiasakan memberikan apresiasi berupa uang. “Kami sepakat mengapreasi atlet yang menjadi juara tidak dengan memberi uang. Akan lebih baik bila mereka kita kirim ke Cina untuk belajar barongsai.”

Rencananya, lanjut Edy, Juli ini FOBI akan mengundang guru-guru barongsai terbaik dari Cina untuk datang ke Indonesia. Nantinya mereka akan memberi pelatihan kepada atlet-atlet Indonesia. “Saya juga berharap, barongsai yang saat ini beranggotakan 27 provinsi, akan terus berkembang. Dalam waktu dekat, ada provinsi baru, ke-28, yang akan bergabung. Mudah-mudahan barongsai akan semakin dikenal di Indonesia,” katanya.

Kejuaraan Dunia Barongsai yang baru pertama kali digelar bertajuk ‘Piala Presiden: First FOBI Lion Dance Championships 2024’, diikuti oleh ratusan atlet dari 10 negara, yakni Cina, Singapura, Malaysia, Myanmar, Vietnam, Thailand, Australia, Myanmar, Taiwan, dan Indonesia.

“FOBI mengucapkan terima kasih banyak kepada Presiden Jokowi, Menhan Prabowo, dan Menpora Dito, karena telah mengijinkan kami menggelar Kejuaraan Dunia untuk memperebutkan Piala Presiden, Piala Menhan, dan Piala Menpora,” tukasnya.

FOBI juga sangat berterima kasih kepada para sponsor yang telah berusaha maksimal sehingga Kejuaraan Dunia Barongsai bisa terlaksana. Dia juga berharap FOBI daerah bisa merangkul sponsor untuk bisa menggelar turnamen di wilayahnya masing-masing.

Kejurnas Tiap Tahun

PB FOBI setiap tahun akan menggelar Kejurnas. Khusus tahun ini, karena ada PON yang diselenggarakan oleh Sumut dan Aceh, Kejurnas ditiadakan.

“Kejurnas wajib dilaksanakan setiap tahun. Kalau para atlet hanya latihan terus, mereka bisa gila. Karena tahun ini ada PON yang dilaksanakan secara bersama oleh Sumut dan Aceh, Kejurnas ditiadakan,” gurau Edy Kurnia.

Sementara itu Nanang Kosasih dari FOBI Sumbar dan Handri Febryan dari FOBI Banten, sangat mengapresiasi langkah PB FOBI menggelar Kejuaraan Dunia Barongsai pada tahun ini. “Semoga dengan digelarnya kejuaraan barongsai tingkat internasional, barongsai Indonesia semakin maju.”

 

No More Posts Available.

No more pages to load.