FM Cecep Kosasih Pimpin Kategori International Master

oleh -12 views

KANDIDATNEWS.COM – Pecatur Australia, GM Temur Kuybokarov yang memiliki elo rating 2.600 masih mengukuhkan dirinya di ‘Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024’ setelah di babak kelima menyudahi perlawanan wakil Singapura, Liu Xiangyi pada langkah ke-27, Jumat (26/4) petang, di Artotel, Senayan, Jakarta.

Dengan kemenangan di babak ke-5, dari 11 babak yang dipertandingkan, Kuybokarov telah mengemas 4,5 poin kemenangan.

Posisi kedua masih dikuasai pecatur muda Indonesia, IM Aditya Bagus Arfan yang mencatat kemenangan dari pecatur Vietnam, GM Dao Thien Hai pada langkah ke-26. Aditya mengumpulkan 4 poin kemenangan, disusul GM Novendra Priasmoro (2494) di peringkat ketiga dengan 3,5 poin kemenangan. Di babak ke-5, Novendra dipaksa remis oleh juniornya, IM Gilbert Elroy Tarigan (2330).

Sementara GM Susanto Megaranto (2504) yang hari ini juga bermain remis saat menghadapi pecatur Indonesia lainnya, IM Yoseph Taher (2445) berada di peringkat ke-4 dengan 3 poin kemenangan.

Hasil pertandingan lainnya di Kategori Grand Master, IM Agibileg Uurtsaikh (2442) dari Mongolia sukses menumbangkan pecatur Legenda Filipina, GM Eugene Torre (2425), dan IM Medina Warda Aulia dipaksa remis oleh IM Jodi Setyaki.

Untuk Kategori IM, mantan pecatur yang kini berprofesi sebagai pelatih, FM Cecep Kosasih (2372) secara mengejutkan mampu mempertahankan posisinya di peringkat pertama dengan meraih 4,5 poin kemenangan.

Di babak ke-5, Cecep mempecundangi pecatur harapan Indonesia, IM Ummi Fisabillilah (2187) pada langkah ke-45.

Posisi kedua di Kategori IM ditempati oleh 3 pecatur, yakni IM Farid Firman Syah (2392), FM Itgelt Khuyagtsogt (2408) dari Mongolia, dan pecatur Filipina, IM Garcia Jan Emmanuel (2408) masing-masing dengan 3,5 poin kemenangan.

Cecep Mengejutkan

Mengomentari penampilan Cecep Kosasih, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi, Kristianus Liem mengatakan Cecep tampil di luar dugaan. “Cecep tampil mengejutkan. Di luar dugaan, Cecep yang sekarang berprofesi sebagai pelatih, justru bisa mengungguli pecatur yang masih sering mengikuti turnamen,” ujar Kris.

Sabtu (27/4), ‘Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024’ akan memainkan babak keenam dan ketujuh pada pagi dan sore hari. Turnamen ini diikuti oleh 24 pecatur dari 8 negara, yakni Australia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Vietnam, Filipina, Mongolia, dan Indonesia.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.