Pertamina – Bank Mandiri Gelar Turnamen Catur Grand Master 2024

oleh -32 views

KANDIDATNEWS.COM – Sebanyak 24 pecatur dari delapan negara memastikan ikut ambil bagian pada ‘Pertamina Indonesian Grand Master Tournament 2024’ berhadiah total 20.900 USD (Rp330 juta), 23 April – 1 Mei, di Artotel, Senayan, Jakarta. Turnamen ini dibagi dalam dua kategori, yakni Kategori Grand Master (GM) dan Kategori Master Internasional (MI).

“Dari 24 pecatur yang akan bertanding, 14 di antaranya merupakan pecatur terbaik Indonesia. Dari tiap kategori, Indonesia menurunkan 6 pecatur putera dan 1 pecatur puteri,” ujar Ketua Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putera Wirya, Selasa (22/4) siang, di Artotel.

Kepada Pertamina dan Bank Mandiri yang telah menyeponsori turnamen ini, Owner Sekolah Catur utut Adianto (SCUA) ini, sangat berterima kasih. “PB Percasi sangat berterimakasih pada Pertamina dan Bank Mandiri yang telah menyeponsori. Mudah-mudahan Pertamina dan Bank Mandiri secara rutin akan menggelar turnamen catur di Tanah Air.”

“Melalui turnamen ini, para pecatur memperoleh kesempatan untuk mencapai hasil terbaik. Dari 14 pecatur pilihan PB Percasi, semuanya berpeluang meraih norma MI dan norma Grand Master. Yoseph Taher, Jodi Setyaki, Aditya Bagus Arfan, dan Medina Warda Aulia, berpeluang meraih norma GM. Syaratnya, mereka harus meraih 8 poin. Kalau di tiap kategori pecatur kita bisa meraih norma, itu sudah bagus sekali,” jelas Eka.

Dia menjabarkan, saat ini PB Percasi terus melakukan pembinaan dan pelatnas di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi, di bawah bimbingan GM Susanto Megaranto.

Sebagai wujud rasa gembiranya atas digelarnya turnamen ini, Eka pun berpantun, …

Minum kopi gula aren
Minumnya santai jangan buru buru
Pertamina Grand Master Turnamen
Emang Keren

Selain Indonesia, 10 pecatur lainnya yang akan bertanding berasal dari Filipina, Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, dan Vietnam. Dari 10 pecatur, pecatur legendaris Asia asal Filipina, GM Eugenio Torre (70) ikut ambil bagian.

Eugenio ‘Eugene’ Torre menjadi orang Filipina dan non-Soviet Asia pertama yang sukses menyandang gelar Grand Master (GM). Torre yang kala itu baru berusia 22 tahun melakukannya dengan meraih medali perak pada Olimpiade Catur ke-21 di Nice, Prancis pada 1974 silam.

“Indonesia merupakan rumah saya yang kedua. Saya menjalin persahabatan dengan begitu banyak pecatur Indonesia sejak tahun 1976. Di turnamen ini, saya akan melakukan yang terbaik,” tukasnya.

11 Babak

Turnamen GM dan MI 2024 mempertandingkan nomor catur standar atau klasik selama 11 babak dengan waktu pikir 90 menit plus increament 30 detik setiap langkah.

Total hadiah 20.900 USD atau Rp331 juta (dengan asumsi Rp15.880 per Dolar AS) dengan rincian 13.100 USD untuk kategori GM dan 7.800 USD untuk MI.

Sekretaris Jenderal PB Percasi Henry Hendratno mengatakan International Grand Master and International Master Tournament 2024 merupakan gagasan dari Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto. Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada para pecatur Indonesia meraih norma GM, norma MI dan norma Grand Master Wanita (GMW) sekaligus mengasah kemampuan dan menambah jam terbang di kancah internasional.

“Diharapkan para pecatur kita dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk meraih norma gelar yang mereka impikan. Dari tujuh pecatur yang turun di kategori GM ada lima pecatur kita yang sedang berburu norma GM,” kata Henry Hendratno.

“Begitu juga di kategori MI, beberapa pecatur kita sedang mengejar norma gelar MI dan GMW,” imbuhnya.

MI Medina Warda Aulia elo rating 2372 menjadi pecatur putri Indonesia satu-satunya yang berlaga di kategori GM. Medina yang telah menyandang gelar Grand Master Wanita dan Master Internasional (MI-pria) tengah memburu gelar GM-pria.

Bersama Medina ada empat pecatur putra lainnya yang sedang mengejar norma GM yakni MI Yoseph Theolifus Taher 2445, MI Aditya Bagus Arfan 2407, MI Azarya Jodi Setyaki 2389 dan MI Gilbert Elroy Tarigan 2330.

Mereka akan menghadapi pecatur-pecatur tangguh bergelar GM dan MI dari Australia, Filipina, Vietnam, Mongolia dan Thailand.

Adapun dua pecatur Indonesia lainnya yang turun di kategori GM adalah GM Susanto Megaranto dan GM Novendra Priasmoro.

“Keikutsertaan Susanto dan Novendra yang sudah menyandang gelar GM untuk melengkapi syarat rating turnamen,” ungkap Henry Hendratno.

Juara kategori GM berhak atas hadiah 4.000 USD plus thropy, runner up 2.500 USD plus thropy kemudian peringkat tiga 1.500 USD plus thropy.

Selanjutnya peringkat empat mendapat 800 USD, peringkat lima 700 USD, peringkat enam 600 USD, selanjutnya untuk peringkat tujuh sampai 12 masing-masing memperoleh 500 USD.

Di kategori MI, Indonesia juga menurunkan sebanyak tujuh pecatur yakni Master Fide (MF) Arif Abdul Hafiz 2311, MF Agus Kurniawan 2295, MF Surya Wahyudi 2308, MI Farid Firmansyah 2392, MI Mohamad Ervan 2383, MF Cecep Kosasih 2372, Master Internasional Wanita (MIW) Ummi Fisabilillah 2187.

Seperti halnya Medina di kategori GM, Ummi Fisabilillah juga menjadi satu-satunya pecatur putri Indonesia yang berlaga di kategori MI. Dalam turnamen ini Ummi memburu norma gelar Grand Master Wanita (GMW). Sedangkan tiga rekannya MF Arif Abdul Hafiz, MF Agus Kurniawan, dan MF Surya Wahyudi mengejar norma MI.

Mereka akan bertarung dengan lima pecatur asing yaitu MI Jan Emmanuel Garcia 2408 (Filipina), GMW Nguyen Thi Mai Hung 2218 (Vietnam), MI Zau Htun Wynn 2416 (Myanmar), MF Khuyagtsogt Itgelt (Mongolia) 2408 dan MF Peter Long 2285 (Malaysia).

Dua pecatur Indonesia lainnya yakni Farid Firmansyah 2392 dan Mohamad Ervan 2383 yang sudah menyandang gelar MI hanya untuk meramaikan dan menggenapi syarat rating turnamen.

Dengan rata-rata rating 2332 di kategori MI ditetapkan syarat meraih norma MI harus menorehkan 7,5 poin dari 11 babak, sedangkan norma GMW harus mendulang 7 poin dari 11 babak.

Juara di kategori MI mendapat 2.000 plus thropy, runner up 1.500 plus thropy dan peringkat tiga 1.000 plus thropy.

Peringkat empat 600 USD, peringkat lima 500 USD, peringkat enam 400 USD selanjutnya peringkat tujuh sampai 12 masing-masing mendapat 300 USD.

Acara pembukaan turnamen akan dilaksanakan pada 23 April mulai pukul 14.00 WIB.

“Secara keseluruhan pertandingan berlangsung satu babak satu hari. Kecuali pada tanggal 25, 27 dan 29 April yang memainkan dua babak dalam satu hari. Sesuai jadwal pertandingan babak 11 atau terakhir dimainkan pada pagi hari tanggal 1 Mei,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.