GM Susanto Megaranto Masih Sempurna di JAPFA Chess Festival 2023

oleh -40 views
GM Susanto Megaranto (kiri) masih terlalu kuat buat IM Dede Liu.

KANDIDATNEWS.COM – Dwitarung Putri Internasional antara pecatur Indonesia, WGM Dewi AA Citra vs WGM Nguyen Thi Mai Hung di ajang JAPFA Chess Festival 2023 masih berlangsung ketat. Hingga babak ke-4, skor di antara keduanya menjadi 2-2, setelah keduanya bermain remis, Jumat (20/10) petang, di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta.

Dewi AA Citra pecatur berelo rating 2256, sempat unggul 1,5 VP – 0,5 VP hingga babak kedua. Namun di babak ketiga yang dimainkan Jumat, sejak pukul 09.00 WIB, dia harus mengakui keunggulan pecatur Vietnam tersebut. Selanjutnya di babak keempat yang dimainkan sore hari, keduanya memaksa pertandingan berakhir remis pada langkah ke-38. Sabtu (21/10), keduanya akan memainkan babak ke-5, mulai pukul 15.15 WIB.

Menurut Ketua Umum PB Percasi, GM utut Adianto yang menyempatkan diri hadir di arena pertandingan memperkirakan dwi tarung antara Dewi AA Citra vs Nguyen Thi Mai Hung akan berlangsung ketat.

“Dengan beda elo rating yang hanya 30 angka saja, dwitarung antara Dewi AA Citra melawan Nguyen Thi Mai Hung akan berlangsung ketat. Saya memperkirakan hingga babak terakhir, pertarungan akan tetap ketat,” ujar Utut Adianto.

Hal senada dilontarkan Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem. “Pertarungan Dewi melawan Mai Hung akan berlangsung sengit. Dewi AA Citra yang berusaha terus untuk membongkar pertahanan Nguyen Mai Hung, sepertinya bakal kesulitan. Karena Mai Hung pertahanannya sangat kuat. Dia tak memberikan celah kepada Dewi AA Citra,” kata Kristianus Liem yang akrab disapa Kris.

Sementara itu di Kategori Dwitarung Internasional Online antara pecatur Indonesia WCM Theodora Walukow (1735) vs WGM Jannel Mae Frayna (2141), pecatur muda Indonesia ini tertinggal 1-4. Besok (Sabtu, 21 Oktober), keduanya kembali bertarung dua babak, pagi dan sore hari.

“Percasi tak mempermasalahkan kalau Theodora kalah dari Jannel Mae. Yang saat ini sedang dilakukan PB Percasi adalah pembinaan terhadap pecatur muda kita. Theodora adalah peraih medali perunggu PON. Dia juga sempat mengalahkan Irene Kharisma di nomor catur cepat. Karenanya kita memberikan kesempatan kepadanya untuk tampil,” lanjut Kris.

Susanto Masih Sempurna

Di Kategori Open, GM Susanto Megaranto masih belum terkalahkan. Dari lima babak yang telah dimainkan, dia mengumpulkan angka sempurna, 5 VP, bersama IM Irwanto Rck dari Jabar. Sabtu (21/10), keduanya akan saling berhadapan di babak ke-6. Keberhasilan Irwanto meraih angka sempurna berkat keberhasilannya menumbangkan GM Novendra Priasmoro di babak kelima.

Novendra yang baru mengemas 4 VP, di babak ke-6 akan menghadapi IM Gilbert Elroy Tarigan yang juga mengemas 4 VP, sedangkan putra dari mantan pecatur putri andalan Indonesia, Lisa Lumongdong, IM Jodi Setyaki, yang juga memiliki 4 VP, di babak ke-6 ditantang IM Arifa Rizki Syaputra Perwiratama (4 VP).

Ramses Juara Kategori Wartawan

Untuk Kategori Wartawan, Ramses Manurung dari Nusantaratv.com, tampil sebagai juara, mengalahkan puluhan wartawan yang ikut ambil bagian. Posisi kedua, ketiga dan keempat diraih Apriyadi dari Akurat.co, Bepe (Faktual.id), dan Joko Hambardan  (olahragaonline.com).

No More Posts Available.

No more pages to load.