1393 Peserta Ramaikan Festival Catur Pelajar Nasional 2022

oleh -14 views

KANDIDATNEWS.COM – Sebanyak 1393 Pelajar memastikan ikul ambil bagian pada Festival Catur Pelajar Nasional (FCPN) 2022 yang digelar oleh BPK Penabur. Babak kualifikasinya mulai dilaksanakan Sabtu (17/9) siang. Even ini dilaksanakan secara online.

Para peserta Turnamen Catur Pelajar Tingkat Nasional 2022 berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Pertandingan dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu, babak kualifikasi akan digelar 17 dan 18 September 2022 dan babak final pada 24 dan 25 September 2022. Aturan yang digunakan sesuai ketentuan FIDE untuk penyelenggaraan turnamen catur online. Pengumuman pemenang dilaksanakan 1 Oktober 2022.

Para pelajar nantinya akan bertarung dalam empat kategori, yakni, pelajar kelas 1-3 SD, kelas 4-6 SD, kelas 7-9 SMP, serta kelas 10-12 SMA.

Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR Adri Lazuardi, SH berharap dengan adanya turnamen ini akan tumbuh bibit-bibit baru yang kelak bisa membanggakan negara, dan sekaligus juga mengasah lebih tajam karakter jujur, sportifitas tinggi, dan semangat untuk berjuang mencapai yang terbaik.
Dia menambahkan, belajar dari turnamen- turnamen catur online yang lalu, para pelajar bisa lebih berhati- hati dalam bermain, tidak melakukan cheating dan hal-hal yang melanggar protocol FIDE online. Sehingga tidak ada lagi banned dari platform yang digunakan selama turnamen dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama, Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putra Wirya sangat mengapresiasi kerja Panitia Penyelenggara BPK Penabur. “Mereka telah bekerja begitu giat dan keras untuk mensukseskan berbagai rangkaian kegiatan di dalam mega event tingkat nasional untuk pelajar ini. Hasil tidak akan pernah menghianati proses, ungkapan ini sangat tepat diberikan untuk BPK Penabur. Hasil yang sangat baik ini menjadi bukti semangat dan kegigihan mengagumkan dari sekolah unggulan ini yang konsisten dengan komitmennya untuk berperan aktif membangun karakter bangsa”, kata Eka .

Terkait pertumbuhan karakter, Eka pun menyoroti kejujuran sebagai hal fundamental yang harus ditanamkan bahkan diperkokoh. “Nilai-nilai kejujuran haruslah ditanamkan sedini mungkin, karena Penanaman karakter sejak dini menjadi penting untuk menumbuhkan pribadi yang cerdas dan bermoral untuk tahap kehidupan berikutnya. Ini juga yang ditekankan oleh Pak Adri yang sangat peduli terhadap pertumbuhan karakter generasi muda harapan bangsa.”

Eka pun menjelaskan pentingnya nilai-nilai kejujuran melalui pantun, …

Dalam bertanding kalah menang sudah biasa…
Juara sejati bersikap jujur dan satriya…
Kejujuran membentuk karakter bangsa…
Mari jadikan kejujuran sebagai budaya…

Sedangkan Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto menilai, FCPN 2022 sungguh suatu yg bermanfaat
“Kita harus berterima kasih kepada guru-guru yang ada di BPK Penabur. Kita juga harus berterima kasih pada Pak Eka Putra Wirya yang sampai saat ini sangat peduli terhadap perkembangan olahraga catur,” tukas Utut.

“Semoga nantinya akan muncul bibit pecatur handal yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.”

No More Posts Available.

No more pages to load.