Virus Corona Paksa Gelaran Formula E di Jakarta, Ditunda

Spread the love
Formula E

KANDIDATNEWS.COM – Gara-gara virus corona, ajang balapan mobil listrik Formula E ditunda. Jakarta Propertindo (JakPro) yang ditunjuk sebagai pelaksana dan penyedia infrastruktur penjamuan balap mobil listrik Formula E pada awalnya menganggarkan dana sebesar Rp 767 miliar untuk penyelenggaraan Formula E.

“Mencermati perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia khususnya di DKI Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada bulan Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya,” demikianlah bunyi surat Nomor 117/-1.857.73 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tertanggal 9 Maret 2020.

Sebelumnya, ajang balap Formula E juga dibatalkan di dua negara. Pertama adalah gelaran Formula E di kota Sanya, China, yang dijadwalkan 21 Maret. Penyelenggaraan Formula E di China diundur karena virus corona. Namun, penyelenggara Formula E akan mencari jadwal penggantinya. Pihak penyelenggara mengatakan akan terus bekerja dengan mitra regional dan pemerintah setempat untuk mempelajari kelayakan tanggal alternatif yang potensial jika situasinya membaik.

Anggaran awal Formula E di Jakarta sebesar Rp 767 miliar digunakan untuk infrastruktur dan bank garansi. Sebesar Rp 344 miliar dialokasikan untuk infrastruktur dan mendapatkan hak menjadi penyelenggara, sementara Rp 423 miliar untuk bank garansi.